Jakarta (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menjagokan praktisi hukum senior Bambang Widjojanto dalam ajang pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Yang bagus itu Bambang Widjojanto, orangnya sudah teruji," kata Mahfud usai bersilaturahmi Lebaran dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Selain Bambang, Mahfud juga menjagokan dua calon lain yaitu Ketua Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Hussein serta penasehat KPK Abdullah Hehamahua.

Yunus, menurut dia, juga telah teruji pengalamannya di lapangan. Sedangkan Abdullah dinilainya sebagai pribadi yang bersih meski belum teruji kemampuannya dalam bidang teknis dan manajemen.

"Yunus Hussein sudah teruji di lapangan. Lalu, Abdullah saya kira dia bersih cuma kemampuan teknis manajerial saya belum tahu. Tapi okelah," tuturnya.

Panitia seleksi calon pimpinan KPK yang diketuai Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar telah menyerahkan kepada Presiden Yudhoyono delapan nama calon pimpinan KPK yang lolos tahapan seleksi administrasi hingga wawancara.

Selanjutnya, Presiden menyerahkan delapan nama calon itu kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) guna menjalani uji kelayakan.

DPR belum mengeluarkan jadwal uji kelayakan untuk delapan calon yang diloloskan oleh panitia seleksi itu. Sebelum Desember 2011, Komisi III DPR sudah harus memilih empat dan delapan calon yang diajukan.
(D013)